Semangat Bisnis Indonesia “GOTONG ROYONG”


Membaca artikel-artikel marketing membuat saya mendapat pandangan baru tentang pentingnya semangat bisnis yang tertanam pada suatu Negara terkhusus lagi untuk negara Indonesia tercinta,beberapa penggalan artikel menyebutkan bagaimana bangsa jepang bisa mentransformasikan prinsip-prinsip Kaizen(Perbaikan terus-menerus) dalam proses bisnis,begitu juga yang terjadi pada Negara Korea yang juga berhasil mentransformasikan semangatgenchi genbutsu(pergi dan lihatlah sendiri) dalam proses bisnis untuk bisa melakukan head to head bersama para pemimpin bisnis tekhusus untuk wilayah barat.

Indonesia sendiri,Apakah sudah memiliki prinsip-prinsip leluhur yang bisa ditransformasikan dalam bisnis ?,saya rasa kita bisa karena kita memiliki prinsi-prinsip seperti GOTONG ROYONG(Bekerja bersama untuk mencapai tujuan)dalam prinsip ini tekandung makna kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang telah dikenal memiliki keramahan dan empati yang tinggi kepada orang lain.Gotong Royong jika di transformasikan dalam bisnis akan mampu membuat bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang memiliki karekteristik bisnis yang bisa membuat para pakar-pakar bisnis dan marketing memberikan pujian serta kebanggaan atas transformasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.

Artikel ini sengaja ditulis agar supaya dapat menjadi semangat untuk para pelaku bisnis di Indonesia,terkhusus untuk para pengusaha yang berasal dari Negara Republik Indonesia dalam hal peningkatan Inovasi,semangat berwirausaha dan mampu menjadi Bangsa yang diperhitungkan di Dunia Bisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: